Type Data

                 




               Type Data
  1.)Integer
Integer adalah type data pada php yang berupa angka bulat seperti 1, 22, 100, 1000, type data ini sangat umum digunakan di bahasa pemrograman khususnya berkaitan dengan anka bulat.
Nilai integer bisa bernilai negatif atau positif dan jika tidak di beri tanda min( - ) maka diasumsikan sebagai nilai positif.
Contoh:
<?php
$nilai1=5;
$nilai2=4;
$hasil=$nilai1+$nilai2;//contoh penjumlahan
echo $hasil;
?>
    2.)Float
Float nama lainya adalah Floating point atau real number adalah type data pada php yang memiliki bagain desimal pada akhir angka contohnya 3,21 dan 4,5.Dalam penulisan data type float didalam php bukan menggunakan koma(,) tetapi titik(.).
contoh:
<?php
$nilai1=4.3;
$nilai2=3.1;
$hasil=$$nilai1+$nilai2;//contoh penjumlahan
echo $hasil;
?>
3.) String
String adalah type data pada php yang berisi text dan karakter dimana bentuknya bisa kata atau kalimat.Dan dalam php penulisan jenis type data ada 4 yaitu: Single Quoted, Double Quoted, Heredoc, Nowdoc
 Contoh:
<?php
$x ="kunci kesuksesan"; 
$y = 'Kesuksesan';

echo $x;
echo "<br>";
echo $y;
?> 
4.) Array
Array berbeada dengan type data pada php seperti integer atau boolean, karena Array adalah sebuah type data yang didalamnya terdiri dari kumpulan type data.
Contoh Penulisan array pada php:
PHP mendukung beberapa cara penulisan array, salah satunya adalah menggunakan konstruktor Array.
$nama_variabel = array (
 key => value,
key => value2,
key => value3,
......
)
penulisan array terdiri dari kunci (key) dan nilai (value).Key berfungsi sebagai penunjuk posisi dimana value tersimapan. Tanda => berfungsi untuk memberikan key. 
Didalam key ataupun value pada array kita bisa menggunakan type data string atau integer, akan tetapi apabila diisi dengan boolean maka secara otomatis akan diproses menjadi 0/1.

5.) Boolean
Type  Boolean adalah tipe data php yang paling sederhana dalam bahasa pemrograman . karena tipe data ini hanya mempunyai 2 tipe true and false.tipe data boolean sering digunakan pada operasi logika seperti if dan looping.
Contoh:
 $x = true;
$y  = false;

6.) NULL
Nuul adalah tipe data khusus yang hanya dapat memiliki satu nilai yaitu:"NULL".sebuah Variabel tipe data NULL adalah variabel yang tidak memiliki nilai yang ditugaskan untuk itu.
Contoh:
 <?php
$x = "hello world";
 $x = null;
var_dump($x);
?>
  

 

SHARE

Farhan Mustaqiem

Hi. I’m Developer of Blog Magic. I’m Creative PHP, Web Developer, UI/UX Developer, Interaction Developer, Industrial Developer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: